PENGARUH MATRIKS PEKTIN DAN HPMC K15M TERHADAP DAYA MENGAPUNG DAN MENGEMBANG SERTA DISOLUSI PADA TABLET FLOATING VERAPAMIL HCl DENGAN METODE FACTORIAL DESIGN

Valentina Ayuk Armadani, Siti Aisiyah, Ilham Kuncahyo

Abstract


Verapamil HCl merupakan penghambat kanal Ca2+ untuk terapi hipertensi dan angina pectoris. Verapamil HCl memiliki bioavabilitas 10-20% dan waktu paruh 4 jam sehingga dapat dibuat sediaan gastroretentive untuk mempertahankan kadar terapi obat. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh matriks pektin dan HPMC K15M terhadap kemampuan mengapung, mengembang dan pelepasan obat pada tablet floating verapamil HCl.

Penelitian ini menggunakan empat formula variasi konsentrasi matriks pektin dan HPMC K15M dengan metode kempa langsung kemudian dilakukan pengujian terhadap sifat fisik serbuk dan tablet. Pengaruh dan interaksi antara pektin dan HPMC K15M ditentukan dengan metode factorial design menggunakan software Design Expert.

Matriks pektin dan HPMC K15M memberikan pengaruh terhadap kemampuan mengapung, mengembang dan pelepasan obat dari tablet floating verapamil HCl. HPMC K15M berpengaruh dominan terhadap floating lag time yang lebih cepat dan floating time yang lebih lama. Peningkatan HPMC K15M dan pektin menurunkan jumlah pelepasan di awal   dan   kecepatan   pelepasan   obat,   serta   meningkatkan   kemampuan   mengembang. Kombinasi pektin dan HPMC K15 M (1,5:1) mempunyai floating lag time cepat, floating time lama, dan kemampuan mengembang paling besar serta mengikuti orde nol.


Keywords


floating, verapamil HCl, pektin, HPMC K15M

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37013/jf.v9i1.100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Farmasi (Journal of Pharmacy)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


IDENTITAS JURNAL

 
Nama Jurnal:Jurnal Farmasi (Journal of Pharmacy)
ISSN (cetak):2302-7436
ISSN (online):2656-8950
Penerbit:LPPM STIKES Nasional & Pengurus Cabang IAI Sukoharjo
Alamat:Jl. Raya Solo-Baki, Kwarasan, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah 57552
Telepon:(0271)572339
Email:[email protected]
Tahun Pertama Terbit:2012