Hubungan Antara Anemia dan Prestasi Belajar dengan Indeks Massa Tubuh pada Remaja Putri Kelas VIII di Surakarta

Endang Widhiyastuti

Abstract


Abstract

Remaja usia 13-15 tahun termasuk masa peralihan dari remaja awal ke remaja akhir yang merupakan masa pencarian identitas sehingga mudah terpengaruh lingkungan sekitar. Oleh karena itu, remaja berisiko tinggi mengalami gangguan gizi karena pada usia remaja mengalami peningkatan kebutuhan zat gizi, kebiasaan membatasi konsumsi makan dan pola konsumsinya yang sering menyimpang dari kaidah ilmu gizi.Status gizi dan anemia adalah faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan otak. Kerusakan otak akibat gangguan gizi menyebabkan gangguan kognitif, perkembangan IQ terhambat dan kemampuan belajar terganggu yang selanjutnya berpengaruh pada prestasi belajar. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara anemia dan prestasi belajar dengan indeks massa tubuh (IMT) pada remaja putri kelas VIII di Surakarta.  Metode penelitian: Desain penelitian yang digunakan adalah observasional dengan pendekatan cross sectional,  populasi remaja putri SMP Negeri 3 dan SMP Negeri 7 Surakarta semester genap tahun 2015, berusia 13-15 tahun. Subjek penelitian berjumlah 120 yang diambil secara random sampling. Data diperoleh melalui kuesioner, status gizi diukur dengan z-score. Anemia diukur dengan kadar Hb menggunakan metode cyanmethemoglobin. Prestasi belajar diukur dari nilai ujian akhir semester. Selanjutnya data-data yang terkumpul diolah dengan menggunakan analisis bivariat. Hasil penelitian: Didapatkan nilai r= 0,201,  odd rasio sebesar 4,255 dan p=0,35, hal ini berarti terdapat hubungan antara anemia dengan IMT pada remaja putri SMP kelas VIII. Sedangkan hubungan antara prestasi belajar dengan IMT remaja putri kelas VIII didapatkan hasil r=0.093 dengan odd rasio= 0,307 dan p= 0.999. Hal ini berarti tidak ada hubungan antara prestasi belajar dengan IMT. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara IMT dengan anemia Tidak ada hubungan antara IMT dengan prestasi belajar  


Keywords


status gizi;anemia;prestasi belajar;remaja putri

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37013/jf.v6i1.42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Farmasi (Journal of Pharmacy)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


IDENTITAS JURNAL

 
Nama Jurnal:Jurnal Farmasi (Journal of Pharmacy)
ISSN (cetak):2302-7436
ISSN (online):2656-8950
Penerbit:LPPM STIKES Nasional & Pengurus Cabang IAI Sukoharjo
Alamat:Jl. Raya Solo-Baki, Kwarasan, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah 57552
Telepon:(0271)572339
Email:[email protected]
Tahun Pertama Terbit:2012